TRADISI BAIK UNTUK KELUARGA SEHAT KITA



Aku Kecil

Sebagai orang minang, aku terbiasa dengan masakan yang mengandung santan, minyak, dan lemak. Apalagi sayuran yang kami konsumsi juga diolah dengan santan. seingatku dari kecil sayuran yang aku kenal selain yang di olah dengan santan hanya bayam dan kangkung tumis. Kalaupun mama bikin sayur sop, tapi isiannya lemak semua, wortel dan kentang hanya pemanis diantara lautan minyak dan lemak....

Tapi positifnya, mama selalu mengajarkan untuk tidak makan berlebihan, sehingga Alhamdulillah kesehatan kami terjaga.

Mama yang punya bufet makanan selalu menyuguhkan sarapan lontong sayur. 

Tambah lagi segelas susu setiap harinya selalu dihidangkan mama dalam menu kami. Aku dan kakak-kakakku adalah anak kampung yang terbiasa jalan kaki menuju sekolah dipagi hari dan siangnya jalan lagi ke tempat mengaji dan itu gak dekat. itung-itung ganti olahraga. :)

Aku Beranjak Dewasa

Saat kuliah adalah saat dimana aku pertama kali jauh dari orang tua. aku harus bisa mengatur hidupku sendiri. Sebagai anak teknik aku menerima banyak tugas dari dosen atau praktikum yang membuat aku dan teman-temanku jadi sering begadang bahkan sampai tidak tidur. Syukurnya setelah melakukan penyesuaian dan pengaturan, aku mulai tidak bergadang lagi.

Lulus kuliah Alhamdulillah aku langsung dapat kerja untuk daerah bencana pasca tsunami Aceh. Dapat gaji sendiri, punya uang lebih membuat aku mulai doyan junk food, minuman bersoda dan minuman energi (ini karena kerja di lapangan dan membutuhkan energi lebih). Syukurnya kebiasaan ini gak bertahan lama karena di ingetin oleh orang tua. Soo, kebiasaan makan junkfood, ditinggalkan.

Aku Sekarang

Sekarang aku udah menikah dan masih menunggu kehadiran si buah hati. Bersama suami yang juga orang minang kami BERUSAHA menerapkan hidup sehat. Berhubung tinggal di kota kembang Bandung, kami mulai mengadopsi kebiasaan baik orang bandung yang suka lalapan. Dengan niat HIDUP SEHAT kami memulai semua kebiasaan baik
Bangun tidur Sebelum subuh kemudian minum 1 gelas air putih, 
Sarapan mengawali semua rutinitas kami
Selalu ada sayuran dalam menu. 
Selalu menyajikan menu sehat dengan bahan-bahan yang terpilih untuk keluarga
Membatasi diri dengan jajanan yang diragukan.. banyak kan sekarang jajanan yang mengandung zat berbahaya... ih, sereeeem..
Olah raga teratur. minimal lari pagi di lapangan gazibo... Syukur rumah dekat dg lapangan ini, jadi mau olahraga gak repot lagi...

Sekarang kita masih terus berusaha untuk tetap hidup sehat, mungkin nanti usaha ini akan kami tingkatkan lagi dengan mengganti semua bahan makanan dengan organik mungkin. tapi yang pasti salah satu cara saya yang orang minang tulen untuk sehat dengan menu makanan kami adalah mengganti minyak kelapa kemasan yang dulu dipakai orang tua dengan SunCo minyak goreng...

Kenapa SunCo yang saya pilih, mungkin anda akan tertawa jika baca alasan saya ini. sangat sepele. Karena dulu pas ngeliat iklan Sunco pertama bintang iklannya Alm. Adji massaid minum tuh minyak goreng.. penasaran kan, minyak goreng kok diminum... dari penasaran mulai menggunakan. ternyata emang banyak unggulnya.... Apalagi kalau dibanding minyak kelapa kemasan yang dulu digunakan orang tua saya.... hihi.... warnanya aja keliatan beda banget....

Ini kreasi saya dengan menggunakan minyak goreng SunCo

TRADISI BAIK UNTUK KELUARGA SEHAT KITA
TRADISI BAIK UNTUK KELUARGA SEHAT KITA

DENDENG KRIPIK KENTANG BALADO

Bahan-bahannya
  • 250 gr daging untuk dendeng
  • 250 gr kentang
  • 50 gr cabe keriting
  • 3 siung bwg merah
  • 1 siung bwg putih
  • daun jeruk
  • garam dan royco
  • merica dan ketumbar halus
  • Minyak Goreng SunCo untuk Menggoreng
Cara Membuatnya
  • Bersihkan daging dan lumuri dengan garam, merica dan ketumbar halus, diamkan sejenak.
  • kupas kentang dan iris tipis-tipis dan rendam dalam air garam
  • Kukus daging selama 30 menit, dinginkan
  • setelah danging dingin iris tipis-tipis searah serat daging.
  • Goreng kentang terlebih dahulu sampai garing, kemudian goreng daging dendeng sampai garing. biarkan dingin
  • haluskan cabe, bawang merah dan putih. tumis dengan minyak. masukan daun jeruk biar wangi.
  • setelah matang dinginkan 
  • setelah semua bahan dingin, campurkan kripik kentang dan dendeng dalam cabe. aduk rata
  • hidangan siap disajikan
Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.resepsehat.com persembahan SunCo Minyak Goreng Yang Baik. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan



Previous
Next Post »
Thanks for your comment