CARA MEMBUAT KUE BROWNIS


CARA MEMBUAT KUE BROWNIS - Brownies merupakan kue coklat tua berwarna kehitaman yang berasal dari “the deep brown color of cookie” (Warna coklat pada bagian paling dalam kue). Kue coklat yang tidak mengembang dan sedikit basah ini sekarang sudah banyak modifikasinya. Beberapa ditambah keju, blueberry, tiramisu, choco marble, the cream, dan banyak lagi yang dijadikan pemanis kue bantat ini

kali ini aku mau bikin brownis keju. resepnya tinggal dimodifikasi sesuai selera masing2. kali ini aku pake resepnya http://aneka-buka-puasa.blogspot.com/2012/11/resep-kue-brownies-panggang.html/ yang aku modif sesuai bahan yang ada dirumah..
soo... ini resepnya

Bahan Brownies Panggang :
  • 120 g tepung terigu
  • 200 g margarin
  • 3 butir telur, kocok hingga mengembang
  • 200 g dark cooking chocolate, potong-potong
  • 150 g gula pasir halus/gula bubuk
  • 60 g potongan kacang almond/kenari (klo aku pake keju cheddar)
  • ¼ sdt garam halus
Cara Membuat Brownies Panggang :
  1. Campur tepung terigu dengan gula halus, aduk rata. sisihkan.
  2. Panaskan margarine hingga meleleh. Masukkan potongan cokelat, dan garam, aduk hingga cokelat meleleh. Angkat, dinginkan hingga hangat. 
  3. FYI : Bagusnya melelehkan coklat dengan cara di tim. caranya adalah rebus air sampai mendidih, kemudian coklat dimasukan dalam bowl yang lbh besar dari wadah air, letakan bowl yang berisi coklat diatas panci, jagan kena airnya. aduk coklat sampai setengah meleleh. angkat, aduk terus sampai coklat benar2 mencair dengan panas yang masih tertinggal. dinginkan sebelum dimasukan ke adonan.
  4. Di tempat terpisah, kocok telur menggunakan mixer sebenarnya tanpa mixcer jg gapapa, krn kan kita maunya gak harus mengembang sempurna seperti cake pada umumnya. Aku juga sering bikin h=gak pake mixer, cukup di kocok dengan pengocok telur aja. tapi karena kali ini butuhnya cepet, aku pake mixer deh.  Masukkan campuran tepung terigu dan gula halus ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula plastik hingga rata.
  5. Tuang margarin, cokelat cair yang telah dilelehkan ke dalam adonan telur. aduk rata.  Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialas dengan kertas roti dan diolesi margarin, ratakan. T
  6. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 45 menit atau hingga kue matang. Angkat. 
  7. FYI : Klo teman2 gak punya oven bisa dikukus juga lho. tapi yang harus diingat tutup kukusan harus dilapisi kain yang bersih biar air penguapan tidak jatuh ke adonan kita. tapi klo mau yang di bakar juga tapi gak ada oven bisa dibakar dengan magic com. sengaja foto yang aku upload adalah foto yang dipanggang dengan magic com. caranya mudah, setelah adonan masuk kedalam bowl magic, masak seperti masak nasi. pas tombolnya naik, tunggu beberapa saat lalu turunkan lagi. lakukan sampai 4 kali. butuh 45 s/d 60 menit untuk masaknya. tp klo adonan gak banyak 3 kali aja.
  8. Dinginkan dan taburi diatasnya dengan keju yang telah diparut. Potong-potong. atur di dalam piring saji, hidangkan.

Tanpa bahan pengawet dan disimpan di suhu ruangan, brownies hanya dapat bertahan kurang lebih 3 hari. Setelah itu kesegarannya semakin berkurang. Sebaiknya brownies dibuat dalam satu kali konsumsi saja
Previous
Next Post »
Thanks for your comment