Makanan Khas Jambi


Gulai Patin merupakan masakan khas Jambidimana masyarakat lokalnya sangat mempopulerkan makanan ini. Gulai ini juga dimasak dengan menggunakan tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dari rasa tempoyak yang cukup menyengat. Selain tempoyak bumbu lain yang digunakan dalam pembuatan Masakan Gulai Ikan Patin ini adalah cabe merah, lengkuas, serai, kunyit, bawang merah dan bawah putih.

Adapunbahan dan proses membuat masakan gulai ikan patin khas jambi adalah sebagai berikut :
Bahan-bahan Gulai Ikan Patin :
◾Ikan patin 2 ekor, potong-potong
◾Daun salam 2 lembar
◾Serai 2 cm, geprek
◾Garam dapur 1 ½ sdt
◾Gula pasir 1 sdt
◾Santan kelapa encer 500 cc
◾Santan kelapa kental 200 cc
◾Minyak sayur 3 sdm
◾Bumbu yang dihaluskan
◾Bawang merah 8 pcs
◾Bawang putih 5 pcs
◾Kunyit 3 cm, bakar
◾Kemiri 4 pcs, sangrai
◾Merica ½ sdt
◾Jahe 2 cm

Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Patin :

1. Seperti biasa, sebelum mengolah ikan patin menjadi masakan sedap kita harus membersihkannnya terlebih dahulu dari kotoran dalamperutnya juga sisik pada bagian kulit luarnya kemudian membilasnya dengan air mengalir.Jangan lupa untuk melumuri ikan yang sudah dibersihkan ini dengan perasan air jeruk nipis dan garam dapur agar bau amis pada ikan menjadi berkurang dan bahkan hilang.

2. Berikutnya, haluskan bahan-bahan yang digunakan untuk bumbu masakan lalu masak dengan secukupnya minyak panas hingga beraroma sedap. Tambahkan juga masakan bumbu halus ini dengan gula pasir, garam dapur dan santan kelapa encer. Aduk merata dan biarkan matang.

3. Setelah masakan campuran bumbu halus dan santan matang, kemudian masukkan ke dalamnya ikan patin yang sudah terlumuri garam dan perasan air jeruk nipis tadi. Aduk merata agar bumbu meresap ke dalam daging ikan patin dan biarkan matang. Setelah beberapa saat, kemudian tuangkan santan kelapa kental ke dalam masakan, aduk merata dan biarkan matang sempurna. Angkat lalu sajikan dalam wadah saji.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment