Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Mengunjungi wisata alam di daerah Tawangmangu, Jawa Tengah. Ada air terjun yang cukup terkenal, yaitu Air Terjun Grojogan Sewu yang berada di Taman Wisata Alam Grojogan Sewu, Tawangmangu. Tidak sekedar bermain air atau melihat air yang jatuh dari ketinggian 81 meter tersebut, tetapi juga panorama hutan alami di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karangayar, Jawa Tengah.
Namanya memang menggunakan kata sewu yang berarti seribu, tetapi kenyataannya hanya ada satu air terjun utama dan beberapa air terjun kecil mengalir di sekitarnya. Ada larangan untuk tidak melihat air terjun ini dari dekat sebab melewati bebatuan yang licin.
Perjalanan ke tempat wisata tersebut menghadirkan suasana alam yang begitu kental, didominasi oleh tumbuhan pinus dan kera ekor panjang, serta deru air terjun yang bisa terdengar jelas. Potensi wisata tersebut menjadi daya tarik Air Terjun Grojogan Sewu selain air terjunnya yang indah yang dikenal sebagai air terjun tertinggi ke-12 di Indonesia dan tertinggi pertama se-Jawa Tengah.

Kera Liar hingga Flying Fox

Wisatawan dapat melihat kera-kera dari jarak dekat karena banyak kera liar yang dibiarkan lepas begitu saja. Tetapi, berhati-hatilah sebab mereka suka merebut makanan yang dibawa wisatawan. Tak heran jika “pertarungan sengit” antara manusia versus kera yang sedang memperebutkan tas wisatawan hingga sobek akan terjadi di tempat ini. Meski demikian, di lokasi Air Terjun Grojogan Sewu ini memiliki hawa sejuk, sehingga terasa nyaman ketika dikunjungi. Selain menikmati kera-kera liar berkeliaran para wisatawan pun dapat menikmati kolam renang dengan air khas pegunungan yang dingin, serta permainan flying fox yang bisa menjadi alternatif wisata di tempat ini.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment