Jembatan Barelang

Jembatan Barelang

Jembatan Barelang, Inilah ikon Batam. Anda dianggap belum ke Batam bila belum menyinggahi jembatan yang satu ini. Jembatan ini sejatinya bernama Tengku Fisabililah. Namun belakangan masyarakat lebih senang menyebut jembatan ini dengan Jembatan Berelang ketimbang nama aslinya.

Terserah Anda, mau menyebut Jembatan Berelang atau Tengku Fisabililah. Tapi yang pasti, jembatan ini merupakan satu dari enam jembatan yang dibangun era BJ Habibie memimpin Otorita Batam, untuk menghubungkan Batam dengan Rempang dan Galang serta beberapa pulau lainya yakni pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setoko serta Pulau Galang Baru. Jembatan ini memiliki panjang 644 Meter dengan benteng jembatan 530 meter. LEbar jembatan sendiri 21,5 meter dan dibangun menggunakan system cable stayed.

Dari jembatan ini, Anda dapat menikmati bentengan laut biru, yang sekelilingnya berdiri hamparan pulau-pulau serta hilir mudik para nelayan yang tengah melaut. Disekitaran jembatan, sembari duduk-duduk Anda dapat mencicipi makanan khas lokal, seperti jagung bakar, otak-otak, rempeyek udang atau menyeruput kelapa muda yang disajikan penduduk lokal. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment