CARA MEMBUAT SAYUR ASEM

SAYUR ASEM

CARA MEMBUAT SAYUR ASEM klo ngomongin sayur asem, aku yang orang minang tulen emang gak banyak tau. maklum, di bukittinggi klo sayur pun suka yang bersantan atau paling ga tumisan doank.
Punya suami sebenarnya orng minang jg, cuma kerja nya aja yang di bandung. 4 tahun bekerja di bandung n pas nikah ternyata lidahnya udah terbiasa dengan sayur asem.

dari awal nikah sebenarnya udah sering di request sayur asem, tp krn akunya males jd gak pernah dibikinin.
baru2 ini krn penasaran, akhirnya aku coba juga masak sayur asem. berbekal resep yang aku cari di om google jadilah sayur asem ku.


ternyata sayur asem itu banyak jg versinya, ada yang betawi n ada yang sunda. dulu pernah makan yang versi betawi yang dimasakin mertua kakak yang betawi asli kayaknya pake kacang tanah dan nangka. tp gak tau lah, aku masak yang di resep http://alangs.edublogs.org/2013/01/11/resep-sayur-asem-enak/ aja

Bahan Sayur Asem :
  • 1 1/2 liter air
  • 1 buah jagung manis, potong 2 cm
  • 50 gram kacang tanah berkulit (aku gak pake )
  • 10 buah melinjo
  • 1 buah labu siam, potong dadu
  • 1 buah terung ungu, potong 1 cm
  • 15 gram daun melinjo
  • 4 batang kacang panjang, potong 3 cm
  • 6 btang buncis, potong 3 cm
  • 3 lembar daun kol, potong kotak
Bumbu Sayur Asem :
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 buah asam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh terasi goreng (aku gak pake)
  • 1 sendok makan garam
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 5 buah cabai merah
  • Klo gak mau repot ada bumbu yang udah jadi,  Bumbu Halus Sayur Asem jakarta (aku pake bumbu racik) lebih simple
Cara Membuat Sayur Asem :
  1. Didihkan air, masukkan jagung,  buah melinjo, dan labu siam. Masak hingga sayuran empuk.
  2. Tambahkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, asam, gula merah, terasi, dan garam. Aduk rata.
  3. Tambahkan kacang panjang, buncis, terong dan daun kol. Masak hingga mendidih. Angkat, dan sajikan.
Sekarang aku mulai doyan sayur asem. Jadi inget kata2 mertua kakak, Dulu ada temennya bilang sayur asem sayur samp@h, sekarang malah dia tiap hari masak sayur asem....
hehehe... sama kaya aku dulu, tp gak bilang sayur samp@h, cuma bilang ribet ah masaknya ke suami....
Bener kata pepatah, tak kenal makanya tak cinta....
LOVE SAYUR ASEM.....
:)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment