Lapangan Bersejarah Terletak di Pusat Kota Banda Aceh

Haloo semuanya,, Pernah ke Kota Banda Aceh ngak?? Kalau pernah nie yaa, sobat semua pasti pernah lihat lapangan yang bersejarah yang terletak di Kota Banda Aceh.. Kalau pernah ke Kota Banda Aceh nie yaa, pasti tahu lapangan nya, nama nya Lapangan Blang Padang,, tahu ngak?? Blum tahu, ya sudah saya akan beritahu sobat semua mengenai Lapangan Blang Padang di Kota Banda Aceh..

"Pintu masuk lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh"

Lapangan Blang Padang salah satu lapangan atau tempat wisata yang banyak di kunjungi oleh orang-orang. Karena nie yaa,, Lapangan Blang Padang ini memiliki banyak fungsi bagi masyarakat dan wisatawan. Di antaranya sebagai tempat wisata atau sebagai tempat refressing, tempat olahraga, menikmati kuliner yang ada di Kota Banda Aceh, dan lain sebagainya. Selain itu, Lapangan Blang Padang memiliki sejarah. Di lapangan Blang Padang ini terdapat 53 monumen (prasasti) negara yang ikut membantu Aceh saat tsunami dan sebelum tsunami. Di monumen tersebut bertuliskan bendera negara yang bersangkutan dan terdapat kata "DAMAI DAN TERIMA KASIH" menurut bahasa masing-masing.


"Negara-negara yang membantu Aceh"

"Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh"
"Salah satu monumen (prasasti)"
Lapangan Blang Padang terletak di tengah-tengah Kota Banda Aceh, dimana di sekililing lapangan ini terdapat bangunan dan gedung-gedung besar seperti Museum Tsunami Aceh, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unsyiah, Masjid Raya Baiturrahman, dan lain-lain sebagainya. Pintu gerbang utama lapangan ini ada dua, yaitu pintu masuk dan pintu keluar. Pintu masuk dekat dengan jalan menuju Pantai Ulee Lheu Banda Aceh.


"Jalan yang terletak di tengah2 lapangan Blang Padang"
"Lapangan Blang Padang"
"Lapangan Blang Padang"
Pada hari minggu dan hari-hari libur, lapangan Blang Padang di penuhi oleh orang-orang yang melakukan jogging dan olahraga lainnya. Tapi selain hari-hari libur, di lapangan ini juga ada orang-orang yang berolahraga. Suasana kota dan lapangan yang indah, tak heran banyak orang yang datang ke sini sekedar refressing atau menyantap makanan bersama kawan-kawan dan keluarga. 


"Orang-orang sedang melakukan olahraga Volly Ball"
"Orang-orang sedang melakukan olahraga Sepak Bola"
"Orang-orang sedang melakukan Jogging"
Selain orang-orang yang melakukan olahraga untuk menyehatkan badan di lapangan Blang Padang, di tempat ini juga menyediakan berbagai macam kuliner yang enak-enak untuk disantap bersama keluarga dan kawan-kawan sambil melihat permandangan yang indah. Selain menyediakan berbagai macam kuliner,di tempat ini juga menyediakan wahana permainan bagi anak-anak.

"Di pinggir lapangan menyediakan berbagai macam makanan"
"Wahana permainan"
"Wahana permainan anak-anak"
Di lapangan ini juga terdapat mushalla untuk melakukan ibadah bagi umat Muslim. Selain itu, di lapangan ini juga terdapat Replika Pesawat Dakota RI001 Seulwah. Pesawat ini adalah pesawat pertama milik Negara Republik Indonesia yang dibeli dari uang sumbangan rakyat Aceh kepada pemerintah saat itu. Dan inilah cikal-bakal berdirinya perusahaan penerbangan niaga pertama di Indonesia yaitu Indonesian Airways. Di bawah pesawat ini, para remaja memanfaatkannya untuk latihan break dance. Selain itu, di lapangan ini juga terdapat tugu peringatan tsunami untuk mengenang hari bersejarah dalam hidup manusia yaitu gempa dan tsunami yang terjadi di pesisir pantai Asia Pasifik. Tugu ini di bangun oleh Yayasan Harapan Bangsa Nusantara, Jakarta Indonesia, dan didanai oleh Purple Lotus Temple, SF-USA.


"Mushalla di Lapangan Blang Padang"
"Replika Pesawat Dakota RI-001 Seulawah"
"Tugu Peringatan Tsunami"

Bukan hanya itu saja yang ada pada Lapangan Blang Padang, ada juga yang paling bersejarah ini yaitu "Monumen Thank to The World". Monumen-monumen yang ada di lapangan Blang Padang Banda Aceh ini sepertinya manandakan bahwa pemerintah Aceh memang begitu serius dalam mempertahankan memori warga Aceh terhadap peristiwa gempa dan tsunami Aceh 2004 yang silam, agar nantinya anak-anak Aceh yang menjadi generasi penerus dapat mengetahui sejarah dan peristiwa yang ada di daerah asalnya ini. Monumen ini terletak dekat pintu keluar Lapangan Blang Padang. Monumen ini berbentuk gelombang tsunami. Monumen ini juga telah diresmikan oleh presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.



"Monumen"
"Aceh Thanks The World"

Okee semuanya, sampai disini dulu yang dapat saya jelasan sedikit mengenai Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh, semoga artikel ini bagi semua pembaca dan semoga artikel ini dapat di jadikan referensi bagi wisatawan jika mau jalan-jalan ke Kota Banda Aceh.. See you next time.. Bye 




Sumber tulisan : Pribadi dan Dok. Klik disini
Sumber gambar: Dok. Probadi




Previous
Next Post »
Thanks for your comment