Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Lapa-lapa adalah makanan khas sulawesi tenggara, lapa-lapa mempunyai rasa yang guri dan enak, apalagi dikonsumsi dengan ikan kaholeonarore (ikan asin) semakin menambah selerah makan. kuliner ini jika di jawa mungkin lebih di kenal dengan lepet / lepat,tetapai cara memasak lapa-lapa berbeda dengan lepet/ lepat karena jika lapa-lapa berasnya dimasak bersama-sama santan, sampai setengah matang lalu diangkat.

Resep Lapa-Lapa 

◾Bahan dan Bumbu
▪Beras1 kg
▪Kelapa 2 butir, parut halus dan peras untuk diambil santannya
▪Garam halus ½ sendok makan
▪Daun pisang secukupnya
▪Tali (dari pelepah pohon pisang) secukupnya

◾Cara Membuat Makanan Lapa-Lapa :
1. Beras dicuci sampai bersih kemudian dimasak bersama tambahan santan kelapa dan campuran secukupnya garam. Aduk merata dan masak sampai menjadi nasi aron.
2. Angkat beras yang sudah menjadi nasi aron kemudian tuangkan secukupnya pada daun pisang dan bungkus dengan bentuk memanjang. Padatkan isiannya dan gulung rapih.
3. Supaya bungkusannya tidak terbuka, silahkan anda ikat bungkusan daun pisangnya dengan tali dari pelepah pohon pisang yang sudah disiapkan sebelumnya.
4. Setelah itu masukkan bungkusan daun pisang berisi nasi aron ke dalam perebusan dan rebus matang. proses ini dapat memakan waktu hingga 90 menit lamanya.
5. Setelah dirasa matang dan isi dalam bungkusan daun pisang menjadi lapa-lapa, angkat dan tiriskan.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment