Minuman Khas Kalimantan Barat

Es lidah buaya adalah salah satu cara mengolah tanaman berdaun hijau tebal berduri yang bagian dalamnya mirip sekali dengan jelly. Minuman dingin ini cukup terkenal terutama di daerah Pontianak, Kalimantan Barat.

◾Bahan-bahan :
▪600 gram lidah buaya (pilih yang tebal)
▪1 sendok teh kapur sirih
▪300 ml air
▪1 sendok teh garam
▪Air bersih secukupnya (untuk merebus lidah buaya)
▪800 ml air
▪400 gram guula pasir
▪2 lembar daun pandan (dipotong-potong)
▪1/2 sendok teh vanili
▪1 sendok makan biji selasih kering (rendam hingga mengembang)
▪Es batu secukupnya saja

◾Cara membuatnya :
1. Kupas batang lidah buaya, potong-potong bentuk kotak, lalu dicuci hingga bersih. Campurkan potongan lidah buaya dengan kapur sirih yang sidah dilarutkan dengan 300 ml air dan garam, lalu aduk-aduk. Diamkan campuran tersebut hingga sekitar 60 menit. Kemudian cuci lagi hingga tidak berlendir dan tiriskan.
2. Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan potongan lidah buaya, rebus dalam waktu kurang lebih 10 menit, lalu angkat dan tiriskan, lalu sisihkan dahulu.
3. Masaklah 800 ml air dicampur dengan gula pasir dan daun pandan, lakukan hingga gula larut bersama air. Masukkan vanili, kemudian masukkan juga lidah buaya yang telah direbus sebelumnya, aduk-aduk sebentar, lalu angkat dan dinginkan. Selanjutnya tambahkan selasih dan aduk. Sajikan lidah buaya dengan dicampur es batu agar lebih menyegarkan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment