Saung Desa Wisata Ciburial Garut

Pesona Garut akan keindahan tempat wisatanya memang tak pernah surut. Kali ini Desa Wisata Ciburialah yang menjadi salah satu objek wisata yang banyak digemari oleh kalangan wisatawan yang suka dengan objek wisata kebudayaan Garut yang khas. Sebenarnya Desa Wisata Ciburial ini tidak ada yang unik akan tetapi kamilah pelaku wisata yang membuat tempatnya menjadi unik sehingga banyak diperhitungkan menjadi destinasi wisata paporit di Garut. 

Saung Desa Ciburial ini terletak di Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang Garut Jawa Barat. Keunikan yang dijual di tempat ini adalah ketika wisatawan yang berkunjung ikut merasakan kehidupan di desa. Seperti yang pernah dilakukan oleh salah satu sekolah dari SMA & SMP Islam Putradarma Jakarta yang menghabiskan masa liburannya dengan hidup di desa selama beberapa hari.



Teknik liburan ini sengaja dibuat karena para guru menginginkan siswanya bisa merasakan bagaimana susahnya orang tua mencari uang untuk biaya anaknya tersebut. Dari sana para siswa dianjurkan layaknya seorang peneliti dengan ikut dalam aktivitas dari warga setempat. Sewa Home Stay untuk tempat tinggal dari siswa SMA ini dilakukan supaya para siswa lebih mengetahui bagaimana kehidupan warga di desa tersebut. 

Selain menerapkan konsep ikut merasakan kehidupan di desa, Desa Wisata Ciburial ini juga memiliki penginapan dan juga bungalow yang dirancang sedemikian rupa sehingga para wisatawan yang memilih tinggal di penginapan ini bisa nyaman dengan kedamaian. Suasana disekitar yang cukup hijau membuat udara disana sangat segar ketika dirasakan pada pagi hari ataupun sore hari.



Hal Yang Bisa Dilakukan di Saung Desa Ciburial


Dari kawasan wisata saung desa ciburial yang begitu - begitu saja, ternyata banyak hal ataupun aktivitas yang dapat Anda lakukan disana, beberapa diantaranya seperti melihat ketangkasan adu domba yang sering dilakukan apabila ada permintaan khusus dari wisatawan, dan juga melihat atraksi - atraksi seni kebudayaan khas Sunda yang menarik untuk dilihat seperti Atraksi Silat dan lain sebagainya.



Selain itu, disana juga Anda bisa melakukan tracking ke kampung - kampung untuk melihat suasana atau aktivitas dari warga setempat yang konon katanya warga disana sangat ramah kepada para pengunjung atau wisatawan. Melihat cara pembudidayaan Domba Adu Garut menjadi hal paling menarik disana untuk wisatawan mancanegara.



Hal lainya yaitu Anda bisa melaksanakan paintball seru dan edukatif disini. Karena kamipun telah sering sekali melaksanakan hal tersebut disini. Paintball di tempat yang sangat cocok tersebut bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Berikut ini saya memiliki dokumentasi foto tentang wisatawan yang sedang melaksanakan painball di tempat ini.

Aktivitas ngagogo atau newak lauk atau ngabedahkeun balong menjadi hal yang seru dan menjadi nilai jual untuk para wisatawan yang ingin melaksanakan paket wisata disini. Seperti yang Akan Anda lihat pada dokumentasi berikut ini. Hal lainya lagi yang bisa Anda lihat disini adalah adanya sumber mata air ciburial yang konon mampu menghidupi seluruh masyarakat disana. Melaksanakan gathering disini memang adalah hal yang cocok untuk dilakukan



Akomodasi


Untuk akomodasi disini, terdapat penginapan yang layak untuk Anda jadikan sebagai tempat bermalam dengan keadaan yang sepi namun berada di tengah - tengah perkampungan. Selain akomodasi tersebut disini memang tidak terdapat rumah makan, akan tetapi disini Anda bisa memesan makanan seperti nasi goreng atau yang lainya kepada para karyawan yang bertugas disana. Akomodasi lainya ada tempat untuk flaying fox, toilet dan juga lokasi tempat paintball.


Video 


Beberapa cuplikan video berikut ini semoga dapat membantu Anda dalam memilih tempat ini sebagai destinasi wisata pilihan Anda.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment